Senin, 02 Agustus 2010

BTN Buka Kantor Regional di Bekasi


Oleh: Grace Dwitiya Amianti / Investor Daily


JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) meresmikan Kantor Wilayah I (Regional Office I) dan kantor cabang yang berlokasi di Harapan Indah, Bekasi. Hal itu dilakukan perseroan untuk lebih giat dalam persaingan.


“Persaingan di bisnis perbankan membuat kami harus melakukan banyak perubahan. Bank perlu cepat menangkap peluang bisnis yang ada dan harus berbenah diri dalam memberikan pelayanan lebih baik,” kata Corporate Secretary Rakhmat Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily di Jakarta, Senin (2/8).


Sebab itu, kata Rakhmat, perseroan memutuskan untuk mendirikan kantor regional di Bekasi agar pelayanan menjadi lebih baik. Menurut Direktur Utama BTN Iqbal Latanro, pihaknya sedang menjalankan serangkaian kegiatan korporasi sesuai dengan business plan yang telah ditetapkan perseroan. Salah satu perubahan strategis tersebut adalah struktur organisasi perseroan.


“Kami sudah mengimplementasikan struktur organisasi baru yang lebih fokus kepada nasabah. Hal itu berupa segmentasi nasabah, baik dari sisi konsumer maupun komersial,” tutur Iqbal.


Selain itu, Kantor Wilayah I di Bekasi dinilainya bisa menjadi tonggak sejarah perseroan untuk perubahan tersebut. Sebab, melalui kantor wilayah (Kanwil), manajemen di pusat dapat memanfaatkan sekaligus mengeksekusi potensi bisnis yang ada di wilayah Kanwil tersebut. Koordinasi antara pusat dan cabang dinilainya akan semakin mudah melalui pendirian Kanwil.


“Ini dapat meningkatkan tingkat efisiensi dan fokus bisnis. Sebab, waktu, biaya, dan birokrasi dari cabang ke pusat bisa dipangkas. Dengan demikian, pelayanan kepada nasabah dapat ditingkatkan,” jelas Iqbal.


Iqbal optimistis pihaknya akan memiliki kinerja lebih baik karena perubahan struktur organisasi menjadi lebih efisien. Selain itu, perseroan telah didukung oleh sistem baru yang akan diimplementasikan tahun ini. Sebagai contoh, kata dia, produk berbasis teknologi bernama e-Loan dan e-Coll bakal diluncurkan segera. Produk e-Loan merupakan fasilitas persetujuan pemberian kredit baru secara cepat dan e-Coll merupakan penagihan atau pembinaan kredit tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar