Rabu, 30 Maret 2011

Dibobol Rp 17 Miliar, Citi Indonesia Ganti Dana Nasabah


JAKARTA – Citibank NA (Citi Indonesia) segera mengganti dana tiga orang nasabah dengan total Rp 17 miliar, setelah dana tersebut dibobol oleh karyawannya sendiri. Karyawan yang berinisial MD (47 tahun) tersebut juga telah diberhentikan oleh perusahaan.


“Kami berkomitmen untuk melindungi kepentingan nasabah, termasuk secepatnya mengembalikan kerugian yang dialami oleh nasabah, secara adil dan tepat waktu. Dana tersebut hilang dari rekening mereka melalui transaksi tidak sah” kata Country Corporate Affairs Head Citi Indonesia Ditta Amahorseya dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily di Jakarta, Selasa (29/3).


Ditta mengatakan, kejadian tersebut hanya di satu tempat, sehingga pihaknya telah bertindak cepat untuk menghubungi seluruh nasabah yang kemungkinan terkena dampak. Citi Indonesia, kata dia, bekerja sama penuh dengan seluruh pihak berwenang yang terkait.


Ditta juga menegaskan, staf yang terlibat dalam penipuan (fraud) itu, yaitu MD, tidak bekerja lagi di Citi Indonesia. Namun, dirinya tidak bersedia memberikan komentar lebih lanjut, karena kasus tersebut masih dalam tahap penyelidikan.


Seperti diketahui, pada Jumat, 24 Maret 2011, Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) mengumumkan, seorang wanita pegawai Citi Indonesia bernisial MD diduga melakukan kejahatan pidana perbankan. MD melakukan penggelapan uang nasabah bank tempatnya bekerja, senilai Rp 17 miliar. Terdapat tiga orang nasabah yang telah melapor kepada kepolisian.


Dalam dugaan kejahatan itu, penyidik Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri telah menyita sebuah mobil mewah jenis Hummer 3 Luxury Sport Utility putih B 18 DIK, serta sejumlah dokumen yang diduga sebagai bukti pencucian uang (money laundering) yang dilakukan MD. (grc)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar